Android Studio - Apa Itu Intent?

Assalamualaikum Wr Wb

ketemu lagi nih dengan saya kang santri milenial, badan boleh nyarung tapi pengetahuan harus up to date dong, nah disinisaya sedikit menjelaskan tentang fungsi intent pada Android Studio
ok langsung saya


  • pengertian Intent
         berhubung saya suka bermain bola maka saya akan menganalogikannya dengan istilah pemain bola. dalam Sebuah Pertandingan Sepakbola, Terdapat Satu Yang saling Mengumpan Bola kepada rekan satu timnya dengan tujuan untuk membuat gol ke gawang lawan, dari penjaga gawang di umpan ke pemain bertahan dan di umpan lagi ke pemain tengah dan mengumpan lagi ke pemain depan dengan berharap bola tidak di rebut oleh lawan dan berhasil mencetak gol. 

         sama halnya pada android jika kalian menggunakan aplikasi semisalnya whatsapp jika kalian menekan kontak yang ada dalam kontak pesan whatsapp kalian maka akan dialihkan ke layout yang baru nah disitulah funginya intent untuk memuat sebuah aplikasi lebih elegant.

  • intent dibagi menjadi 2
      1. intent implisit 
     
                intent implisit adalah sebuah fungsi source code yang mana memungkinkan pengguna mencari suatu activity baru yang belum diketahui tujuannya contohnya jika kalian ingin membagikan sebuah artikel pada website maka kalian akan di suruh memilih di bagikan kemana artikel itu apa ke aplikasi yang sama apakah ke aplikasi yang berbeda. 

     2. intent eksplisit
               intent eksplisit ialah sebuah fungsi source code yang mana memungkinkan pengguna mencari suatu activity baru akan tetapi activity tersebut sudah di ketahui seperti halnya di aplikasi pesan whatsapp updatetan terbaru kalian akan bisa melakukan kontak intent eksplisit yang mana kalian bisa mngklik pesan tersebut akan tetapi tidak berpindah layout serta masih dalam project yang sama.

  • perbedaan
  1. intent implisit = mengetahui tempat asal layout akan tetapi tidak mengetahui arah tujuannya
  2. inten eksplisit = mengetahui tempat asal layout dan mengetahui arah tujuannya

Sekian saja pembahasan permasalahan tentang Intent semoga bermanfaat

Wassalamualaikum Wr Wb




Komentar

Postingan Populer