PERBEDAAN ANTARA RELATIVE LAYOUT, LINEAR LAYOUT DAN CONSTRAINT

Assalamualaikum Wr Wb.
    Ketemu lagi nih dengan saya yang telah vakum beberapa tahun dan mudik ke blog baru :v walaupun blog lama sebenarnya bukan punya saya dan saya hanya mengolahnya saja, jika penasaran dengan blog yang saya sebutkan tadi silakan klik url ini alapesantren.blogspot.com/ insyaallah kalian pasti dapat ilmu yang baru dari sana. 

        oke kita lanjut sekarang kita akan membahas tentang perbedaan layout pada system android studio, bagiakalian anaknya coding eh maksudnya anak mahasiswa yang bergulat dengan ilmu IT pasti tidak asing kan dengan software yang bernama Android Studio, Android Studio Sudah mempunyai beberapa versi Terserah Kalian mau menggunakan versi mana apakah kalian akan mencoba yang versi baru ataupun yang lama atau bahkan yang tengah-tengah seperti saya yang menggunakan versi 2.2.2 yang mana edisi pertama munculnya constrain layout.

kita lanjut ke pembahasan kita sesungguhnya mengenai perbedaan layout relative, linear dan constraint berhubung tutorialnya sudah berserakan di internet :v jadi saya bahasnya perbedaan saja bukan membuatnya ya :). Lets Go!!!!
  • Relative Layout 
      Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) relatif sendiri mempunyai arti tidak tetap, jika di dasarkan pada KBBI bahwa relative layout ialah suatu susunan yang desain yang mempunyai sifat flexible. Dalam relative layout sendiri kita dapat meletakkan komponen komponen layout berdasarkan posisi komponen terdekat lainnya. Jika di bandingkan dengan linear layout maka relative layout sendiri lebih flexible dari linear layout, akan tetapi lebih sulit untuk dikuasai yang mana kebanyakan user atau pengguna menggunakan relative layout ini hanya untuk mendesain halaman layout yang kompleks. 
Relative Landsacpe
Relative Potrait

  • Linear Layout
               Sama halnya dengan relative layout dalam KBBI  linear sendiri berarti sesuatu yang berhubungan dengan garis, yang mana dalam matematika garis sendiri di asumsikan dengan garis vertical dan horizontal. Linear layout sendiri sangan dekat dan kental dengan yang namanya orientation atau orientasi yang mana orientasi ini berguna untuk meninjau arah susunan  dari linear layout tsb. Pada kasus sebelumnya bahwa sanya relative layout itu mempunyai sifat flexsible atau tidak teratur maka linear layout sendiri bersifat sebaliknya yaitu disaat kita akan meletakkan komponen komponen layout maka kita tidak bias menaruh komponen tersebut kesembarangan tempat, dikarenakan komponen pada linear layout sendiri sudah di atur oleh orientation yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Sama halnya dengan matematika orientasi juga berhubungan dengan vertical dan horizontal dinama jika linear layout vertical menempatkan susunan componen dari atas ke bawah sedangkan horizontal disusun secara menyamping atau dari kiri kekanan.


Linear Horizontal
Linear Vertical


  • Constraint layout 

         Pada android studio sendiri menyediakan sebuah layout yang mana memudahkan develover android untuk mendesain user interface atau antarmuka pada suatu aplikasi, secara plexible dan dinamis seta tidak banyak melibatkan sebuah layout.


Constraint Layout

Jadi Perbedaan Dari Ketiganya Yaitu Terdapat Pada Susunan-Susunan Komponen Yang Ada pada Masing-masing Layout Tersebut Yang Mana Jika Constrain lebih Memanjakan Pengguna Untuk Mengatur Layout dan Yang relative Lebih ke Flexibelias Yang Memungkinkan Untuk membuat Desain Layout Yang Lebih Kompleks serta Untuk Linear Layout Sendiri Membuat Kita Tau perubahan Pada Bentuk Layout Horizontal Dan Vertical


Komentar

Postingan Populer